Tuesday, April 17, 2018

CURUG SIKENCLING, Air Terjun di Desa Wisata Dampit

Curug Sikencling adalah Destinasi Wisata alam yang merupakan air terjun kecil di Kabupaten Magelang yang lokasi tepatnya berada di Dusun Sikencling, Desa Dampit, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.
Curug Sikencling Cover

Curug Sikencling memiliki debit air yang tidak terlalu besar, namun sangat menarik untuk dikunjungi karena air terjun ini memiliki spot foto yang lumayan banyak. Spot Foto utama berada di pintu masuk wisata yang dibangun menggunakan bambu. Gardu Pandang utama ini memiliki tinggi sekitar 6 meter dan terdiri dari 4 tingkat. Dari Gardu Pandang ini kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa yakni rumah - rumah penduduk dengan latar Gunung Sumbing.

Dibawah Gardu pandang utama, terdapat kolam ikan yag bersih dan unik. Ya, uniknya karena kolam ini dibuat menyerupai bentuk love/ cinta.

Menuju Air Terjun, perjalanan turun memakan waktu sekitar 10 menit, disepanjang jalan terdapat pengaman berupa bambu yang dibuat memanjang dibagian pinggir untuk pegangan tangan.

Setelah sampai di lokasi, lagi-lagi ada spot foto lagi yang terdiri dari 3 tempat, yakni :
  • Rumah Pohon, berada di bagian atas dan dibangun menempel dengan pohon, dari sini kita bisa menghadap langsung ke Air Terjun.
  • Gubuk Mini, berada dibagian atas yang sejalur dengan rumah pohon, berada tepat didepan air terjun sebelah kiri.
  • Titik Romantis, berada dibagian bawah sehingga posisi sejajarnya sama dengan aliran air terjun yang menuju sungai.

Rumah - Rumah Penduduk

AKSES LOKASI

Dari arah Semarang/ Salatiga
Ikuti jalan menuju Magelang. Setelah melewati Secang, ambil arah naik menuju Windusari dengan mengikuti jalan Payaman - Windusari. Dari Windusari ambil jalan menuju Desa Dampit dengan mengikuti jalan Lettu Soebandi, jalan Damaran - Wonoroto dan jalan Gunung Sumbing.

Dari arah Yogyakarta/ Magelang
Ikuti jalan menuju Kaliangkrik, dan naik menuju Desa Dampit dengan mengikuti jalan Raya Kalegen, jalan Raya Balerejo. Naik terus hingga sampai di Desa Dampit, kemudian belok kanan kearah Sikencling.

Dari arah Temanggung/ Wonosobo
Ikuti jalan Purworejo, kemudian belok kiri menuju kaliangkrik dan belok kiri lagi menuju Dampit via Jl. Kaliangkrik - Windusari. Ikuti jalan sampai Desa Dampit.

INFORMASI

Contact :
Email : -
Web : https://dampitvillage.blogspot.co.id

Nah untuk sobat yang masih penasaran dengan Wisata ini bisa cek dan lihat Video dibawah ya hehe.