Thursday, April 5, 2018

AGROWISATA KOPENG GUNUNGSARI - Kopeng tambah Wisata lagi nih

Siapa sih yang gak kenal dengan Wisata Kopeng ?. Oh ada yang gak kenal ya, ya udah mimin kasih tahu ya hehe. Kopeng adalah kawasan wisata di Kabupaten Semarang yang berada di Lereng Gunung Merbabu. Selain udaranya sejuk, Kopeng juga terkenal akan destinasi wisatanya. Nah sebut saja Agrowisata Kopeng Gunungsari, destinasi wisata terbaru di Kabupaten Semarang

Agrowisata Kopeng Gunungsari Cover

Agrowisata Kopeng Gunungsari berada di Dusun Dukuh, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Wisata ini belum lama dibangun dan baru berjalan sekitar beberapa bulan. Meski begitu, tempat ini sudah banyak menarik Wisatawan mengingat lokasinya yang berdekatan dengan Wisata lain di Kecamatan Getasan.

Beberapa Wisata yang berdekatan dari Agrowisata Kopeng yakni Ekowisata Kopeng, Kopeng Treetop, Air Terjun Umbul Songo dan Cuntel. Nah jadi kebayang kan kalau berkunjung ke tempat ini pasti bisa berkunjung ke tempat lainnya.

Tiket masuk sebesar Rp. 15.000, bebas petik dan makan jambu di lokasi. Jambu yang dimaksud disini adalah jambu biji yang berada di dalam area wisata. Agrowisata ini memiliki taman yang indah dengan bunga yang beranegaram. Gerbang masuk yang panjang dengan lengkungan kawat yang dibentuk mirip terowongan yang juga digungsikan untuk tanaman merambat.

Pemandangan Agrowisata Kopeng Gunungsari

Spot Foto pertama adalah Gardu Pandang kecil yang berada disamping kaban taman. Spit foto ini dibuat dari kombinasi kayu dan bambu yang ditata sedemikian rupa dan dibalut dengan pelitur yang membuatnya semakin tampak kinclong. Spot foto ini memiliki latar belakang hutan pinus memanjang yang berada agak jauh serta pemandangan Gardu Pandang utama di sebelahnya.

Spot foto kedua adalah tulisan Agrowisata Kopeng Gunungsari berukuran raksasa yang menjadi ciri khas tempat ini.

Loncat di Wisata Kopeng

Gardu Pandang utana dibuat bertingkat dengan kapasitas maksimal 28 orang. Dibagian paling bawah terdapat jalan masuk memanjang dengan jalan keluar menuju warung disebelah Gardu Pandang Utama. Di bagian tengahnya terdapat beberapa kursi yang ditata melingkar. Gardu pandang utama ini memiliki tiga tingkat, yang dari tingkat paling atas bisa kita lihat seluruh area wisata. Disisi timur terlihat Gunung Gajah, Telomoyo dan Andong yang berjajar.

Tempat ini masih dalam tahap pembangunan, dan pastinya masih banyak lagi spot foto yang akan disediakan disini.

Standing di Agrowisata Kopeng Gunungsari

AKSES LOKASI

Dari arah Semarang/ Ungaran/ Salatiga
Ikuti jalan utama Solo - Semarang, setelah masuk di gerbang perbatasan Kota Salatiga, ambil kanan dan ikuti jalan via Jalan Lingkar Salatiga (JLS). Setelah melewati Taman Kota Salatiga, sobat maju sedikit lagi kemudian belok kanan dan putar balik dan belok kiri ke arah Kopeng melewati Salib Putih dan Kcamatan Getasan. Setelah sampai di Gerbang Desa Kopeng, sobat belok kiri dan naik ambil arah Cuntel. Ikuti jalan sampai Agrowisata Kopeng Gunungsari.

Dari arah Solo/ Boyolali
Ikuti jalan raya Solo - Semarang ke arah Salatiga dilanjutkan masuk ke Jalan Lingkar Selatan Salatiga (JLS). Kemudian belok kiri ke arah Kopeng di perempatan sebelum Taman Kota Salatiga. Melewati Salib Putih dan Kcamatan Getasan. Setelah sampai di Gerbang Desa Kopeng, sobat belok kiri dan naik ambil arah Cuntel. Ikuti jalan sampai Agrowisata Kopeng Gunungsari.

Dari arah Magelang
Ikuti jalan ke arah Kopeng via Jl. Magelang - Salatiga. Setelah melewati Ekowisata Kopeng, maju sedikit, kemudian belok kanan kearah Cuntel dan ikuti jalan sampai ke Agrowisata Kopeng Gunungsari.