Wednesday, July 25, 2018

CUNTEL - Spot Foto, Wisata Alam dan Pendakian Gunung menjadi satu

Cuntel adalah nama Dusun yang berada dilereng Gunung Merbabu, yang juga merupakan 1 dari 3 Dusun tertinggi di Kabupaten Semarang.

CUNTEL cover

Cuntel merupakan salah satu Basecamp pendakian Merbabu yang rute perjalanannya lumayan sering dipakai oleh banyak pendaki. Rute yang istimewa ini pada akhirnya mempertemukan rute dari Thekelan dan Wekas.

Dulunya ada satu pohon pinus yang menjulang tinggi dipinggiran Desa, oleh warga sekitar pohon ini kemudian dibuatkan gardu pandang kecil untuk melihat pemandangan cantik dipagi dan sore hari. Untuk ke pohon ini para pendaki harus berjalan sekitar 5 menit dari Basecamp. Pohon ini sangat cantik karena hanya satu dan berdiri sendiri alias jomblo. Pada bulan - bulan berikutnya, para pendaki selalu menyempatkan diri untuk mampir ke pohon ini dan semakin ramai. Hingga foto - foto tentang pohon ini menyebar di sosial media dan diburu oleh fotografer dan wisatawan, meskipun pohon ini bukan tujuan wisata. Kemudian tempat dimana pohon ini berdiri diberi nama Bukit Harapan.

Cuntel Pohon Pinus

Beberapa tahun setelahnya pohon ini kering, meski begitu masih banyak yangdatang berkunjung hingga akhirnya dibuatkan lagi gardu pandang di Pohon Pinus dekat Basecamp. Kemudian Gardu Pandang baru ini mulai ditambahkan beberapa Gazebo dan beberapa spot foto hingga akhirnya resmi menjadi Wisata Cuntel.

Daya tarik masih menyelimuti Bukit Harapan dengan pohon jomblo yang mengering, kemudian di sekitarnya ditambahkan beberapa spot foto lain dan warung hingga Bukit Harapan Cuntel ini resmi dibuka melengkapi Wisata Cuntel.

Cuntel - Romantis

AKSES LOKASI

Dari arah Solo/ Boyolali/ Salatiga
Ikuti Jalan Lingkar Salatiga ke arah Kopeng, setelah sampai di Indomaret Kopeng, maju sedikit lagi kemudian belok kiri dan naik melewati hotel - hotel ke arah Dusun Cuntel.

Dari arah Kendal/ Semarang/ Ungaran
Ikuti jalan menuju Kopeng via Bawen, Ambarawa kemudian Banyubiru. Setelah sampai di Pasar Bandungan Kecamatan Tuntang ambil arah Kopeng, setelah sampai di Indomaret Kopeng, maju sedikit lagi kemudian belok kiri dan naik melewati hotel - hotel ke arah Dusun Cuntel.

Dari arah Jogja/ Temanggung/ Magelang
Ikuti jalan utama Magelang - Salatiga. Setelah sampai di Wisata Kopeng, maju sekitar 10 meter dan belok kanan, kemudian naik melewati hotel - hotel ke arah Dusun Cuntel.

INFORMASI

Contact : 0813-2593-2700
Email : -
Web : -

Silahkan lihat video dibawah jika sobat penasaran dengan Wisata Cuntel.